XAVI SIMONS

3 min read

Xavi Simons pemain sepak bola Inggris dan merupakan pemain sepak bola profesional Belanda. Bermain sebagai gelandang serang atau pemain sayap untuk klub Bundesliga RB Leipzig. Dipinjamkan dari klub Ligue 1 Paris Saint-Germain, dan tim nasional Belanda.

Xavi Simons Kehidupan Awalnya

Lahir di Amsterdam, Xavi adalah putra dari Peggy Simons dan mantan pemain sepak bola Belanda Regillio Simons, yang merupakan keturunan Spanyol. Kakak laki-laki Xavi, Faustino (lahir 1996), yang juga bermain sepak bola, memiliki hari ulang tahun yang sama dengannya.

Karier klub

Awal karier

Karir Klub  Simons bergabung dengan tim muda Barcelona pada tahun 2010 dari Club Deportivo Thader di Alicante. Dan dengan cepat berkembang menjadi salah satu pemain muda paling berperingkat tinggi di klub Catalan tersebut.

Paris Saint-Germain

Simons bersama Paris Saint-Germain pada tahun 2020  dan pada bulan Juli 2019, Simons pindah ke klub Prancis Paris Saint-Germain (PSG), setelah gagal menyetujui kontrak baru dengan Barcelona. Kontrak tiga tahunnya dengan klub Paris tersebut dilaporkan bernilai hingga 1 juta  euro per tahun.

Menjelang musim 2021–22, Simons dimasukkan dalam persiapan tim utama dan pramusim oleh manajer Mauricio Pochettino. Pada 14 Juli 2021.

PSV

Pada 28 Juni 2022, Simons menandatangani kontrak dengan klub Eredivisie PSV Eindhoven dengan kontrak lima tahun. Meskipun awalnya ia diharapkan untuk memperpanjang kontraknya dengan PSG dan bergabung dengan PSV dengan status pinjaman.

Simons mencetak gol karier pertamanya pada debutnya di PSV, kemenangan 5–3 atas rival Ajax di Johan Cruyff Shield pada tanggal 30 Juli 2022.

Kembali ke Paris Saint-Germain

Pada 19 Juli 2023, Simons kembali ke Paris Saint-Germain, menandatangani kontrak empat tahun setelah klub memicu klausul pembelian kembali senilai 6 juta euro yang dilaporkan dalam kontraknya di PSV, di mana Simons memiliki keputusan akhir tentang kepulangannya.

Dipinjamkan ke RB Leipzig

Segera setelah direkrut kembali oleh Paris Saint-Germain, Simons dipinjamkan ke klub Bundesliga RB Leipzig untuk musim 2023–24. Dia diberi nomor punggung 20. Pada 12 Agustus 2023, dia melakukan debut untuk klub tersebut dalam kemenangan 3-0 atas Bayern Munich di DFL-Supercup 2023.

Karier internasional

Simons mewakili Belanda di level U-15, U-16, U-17, U-19, dan U-21. Pada 21 Oktober 2022, Simons dimasukkan dalam pra-seleksi tim nasional Belanda untuk pertama kalinya dalam kariernya. Tanggal 11 November, ia secara resmi dipanggil untuk Piala Dunia FIFA 2022 di Qatar oleh pelatih kepala Louis van Gaal.

Pada tanggal 24 Maret 2023, Simons melakukan start pertamanya untuk Belanda dalam pembukaan kualifikasi UEFA Euro 2024 melawan Prancis. Ia terus tampil di setiap pertandingan kualifikasi untuk Oranje, memulai tujuh dari delapan pertandingan Grup B. Ia mencetak gol internasional senior pertamanya dalam pertandi

Kehidupan pribadi

Pada usia 13 tahun, Simons mendapatkan kontrak iklan pertamanya dengan Nike. Ia beralih ke Adidas pada tahun 2021 sebelum bergabung dengan Puma pada tahun 2023. Pada bulan Agustus 2018, ia tampil dalam iklan Nike berjudul “Awaken the Phantom” bersama pemain Philippe Coutinho, Kevin De Bruyne, Neymar, Ronaldinho, Pierre-Emerick Aubameyang, dan Andrea Pirlo.

Selama karier mudanya, Simons mengumpulkan banyak pengikut media sosial di Instagram; Ia memiliki lebih dari dua juta pengikut di platform tersebut pada tahun 2019, pada usia 16 tahun. Pada tahun 2022, setelah kematian Mino Raiola, Rafaela Pimenta menjadi agen Simons.

Baca juga :  Kualifikasi Piala Dunia 2026 Roberto Mancini Akui Timnas Arab Saudi  Bermasalah,  Puji Performa Timnas Indonesia

 

You May Also Like