ALBERT SAMBI LOKONGA

2 min read

Albert Sambi Lokonga merupakan pemain sepakbola muda yang berbakat. Dengan nama panjang Albert-Mboyo Sambi Lokonga lahir 22 Oktober 1999. Pemain sepakbola profesional Belgia yang bermain sebagai gelandang tengah untuk klub La Liga Sevilla, dengan status pinjaman dari Arsenal.

Ia merupakan lulusan akademi muda Anderlecht dan melakoni debut seniornya bersama klub tersebut pada tahun 2017. Dan saat ini sudah mendapatkan karir yang cukup dalam setaiap pertandingan yang ia lakoni.

Albert Sambi Dengan Karir Yang di Miliki

Anderlecht

Setelah pertama kali bergabung dengan akademi muda mereka pada tahun 2010. ambi Lokonga menandatangani kontrak profesional pertamanya dengan Anderlecht pada tanggal 10 November 2017.

Ia melakoni debut profesionalnya untuk Anderlecht dalam kemenangan 1-0 Divisi Pertama Belgia A atas Eupen pada tanggal 22 Desember 2017. Pada bulan November 2019, Sambi Lokonga memperpanjang kontraknya dengan klub tersebut hingga tahun 2023.

Arsenal

Pada tanggal 19 Juli 2021, Sambi Lokonga menandatangani kontrak jangka panjang dengan klub Inggris Arsenal setelah menyelesaikan transfer sekitar 17,2 juta euro.

Manajer Arsenal Mikel Arteta terkesan dengan Sambi Lokonga, dengan menyebut kecerdasan dan kedewasaannya untuk seorang pemain muda. Sambi Lokonga melakukan debutnya dalam kekalahan tandang 2−0 melawan Brentford.

Peminjaman ke Crystal Palace

Pada 31 Januari 2023, sesama klub Liga Primer Crystal Palace mengumumkan penandatanganan Sambi Lokonga dengan kesepakatan pinjaman jangka pendek hingga akhir musim 2022−23. Ia melakukan debutnya untuk klub tersebut pada 4 Februari, masuk sebagai pemain pengganti Will Hughes dalam kekalahan tandang 2–1 dari Manchester United.

Peminjaman ke Luton Town

Pada hari terakhir jendela transfer musim panas, Sambi Lokonga bergabung dengan klub Liga Primer yang baru dipromosikan Luton Town dengan status pinjaman selama satu musim. Ia melakukan debutnya untuk klub tersebut pada 16 September dalam kekalahan 1–0 melawan Fulham di Craven Cottage.

Dipinjamkan ke Sevilla

Pada 15 Juli 2024, Sambi Lokonga bergabung dengan klub La Liga Sevilla dengan status pinjaman selama satu musim.

Karier internasional

Sebelumnya bermain untuk Belgia di level Belgia U17, Belgia U19, dan Belgia U21. Sambi Lokonga dipanggil ke skuad senior Belgia pada Maret 2021. Ia melakoni debutnya pada 2 September 2021 dalam kualifikasi Piala Dunia melawan Estonia, dengan kemenangan tandang 5–2. Ia dimasukkan sebagai pemain pengganti Eden Hazard pada menit ke-74.

 

Baca juga : Terungkap Pemain Timnas Indonesia Jalani Umarah Atas Intruksi Shin Tae-Yong

 

 

 

You May Also Like