YAKOB SAYURI

2 min read

Yakob Sayuri lahir 22 September 1997 yang biasa dikenal dengan nama Yassa. Merupakan pemain sepak bola profesional Indonesia. Bermain sebagai pemain sayap atau bek sayap untuk klub Liga 1 Malut United dan tim nasional Indonesia.

Berasal dari kepulauan terpencil Yapen di provinsi Papua. Yakob tidak memiliki pengalaman berlatih di akademi sepak bola atau tim muda mana pun. Ia memulai karier profesionalnya pada tahun 2017 di divisi ketiga sepak bola Indonesia bersama Persewar Waropen setelah pelatih Eduard Ivakdalam. Mantan pemain tim nasional, menemukan Yakob bermain santai di kampung halamannya di Serui. Yakob mengikuti Ivakdalam saat pelatih tersebut pindah ke Persemi Mimika pada tahun 2018.

Yakob Sayuri Awal Naik Karir

Barito Putera

Yakob menandatangani kontrak dengan klub Liga 1 Barito Putera. Di musim yang luar biasa, Yakob memainkan 25 pertandingan dan mencetak dua gol.

PSM Makassar
Yakob menandatangani kontrak dengan PSM Makassar pada tahun 2020. Yakob melakoni debut klubnya pada 1 Februari 2020 saat melawan PSS Sleman.

Pada 26 Februari 2020, Yakob mencetak gol pertamanya di Piala AFC untuk PSM Makassar. Pada menit ke-53 saat menang 3-1 atas klub Liga Nasional Myanmar, Shan United. Khusus untuk gol kedua yang dicetak Yakob, gol ini tak hanya sukses membawa PSM menang. Akan tetapi, gol ini juga masuk dalam nominasi AFC Goal of The Week.

Pada 18 September 2021, Yakob mencetak gol liga pertamanya untuk klub tersebut dalam kemenangan 3-1 atas Persebaya Surabaya. Ia mencetak gol lagi dalam kekalahan 2-1 atas Borneo Samarinda pada 22 Oktober. Dan dalam kemenangan 2-1 melawan PS Barito Putera pada 28 Januari 2022.

Pada 7 Februari, Yakob mencetak gol pada masa injury time babak kedua melawan Bali United. Pada 30 Januari 2023, Yakob mencetak dua gol lagi dalam kemenangan 3-1 melawan RANS Nusantara.

Karier internasional

Yakob melakukan debut internasionalnya untuk timnas Indonesia U-23 pada 7 Juni 2019 melawan Thailand. Ia menerima panggilan ke tim senior Indonesia pada Mei 2021. Ia mendapatkan caps senior pertamanya dalam pertandingan persahabatan melawan Afghanistan pada 25 Mei.

Yakob mencetak gol internasional keduanya melawan Burundi pada 25 Maret 2023. Pada 28 Maret, Yakob kembali menjadi starter, melawan lawan yang sama, kali ini bersama saudaranya, Yance. Menjadikan mereka saudara kembar pertama yang bermain pada waktu yang sama untuk tim senior Indonesia.

 

Baca juga : Barcelo vs Bilbao Menang Tipis 2-1

You May Also Like