SHAWAL ANUAR

2 min read

Shawal Anuar dalam nama Melayu, tidak ada nama keluarga atau marga. Nama Anuar adalah patronimik, dan orang tersebut harus dipanggil dengan nama pemberiannya, Muhammad Shawal.

Muhammad Shawal bin Anuar lahir 29 April 1991. Ia merupakan pemain sepak bola profesional Singapura yang bermain sebagai penyerang atau pemain sayap untuk klub Liga Utama Singapura, Lion City Sailors, dan tim nasional Singapura. Dianggap sebagai salah satu pemain terbaik di liga, Shawal dikenal karena keterampilan menggiring bola, kemampuan udara, kecepatan, dan penyelesaiannya.

Shawal Anuar Mulai Karir di Usia Muda

Shawal memulai kariernya dengan klub semi-profesional, Keppel Monaco di National Football League dengan gaji $50 per pertandingan sambil juga bekerja sebagai tukang pindahan, membersihkan panel kaca di mal, dan mengantar skuter.

Pada titik ini, menghasilkan uang sangat penting dan sepak bola profesional jauh dari pikirannya. Pada tahun 2014, Shawal menandatangani kontrak dengan Geylang International dengan gaji $500 per bulan dan menandatangani kontrak selama enam bulan dengan tim cadangan Prime League. Shawal juga berhasil tampil untuk tim senior, bermain selama 69 menit di musim S.League 2014.

Pada tahun berikutnya, Shawal menerima kontrak profesional pertamanya dengan gaji $1.800. Ia memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan sambilannya dan mengalihkan perhatiannya sepenuhnya ke sepak bola. Shawal kemudian menjalani musim debut yang solid untuk Eagles di S.League 2015, mencetak 4 gol dalam 22 penampilan, membantu timnya finis di peringkat ke-8 di liga.

Shawal membangun musim debutnya dan membantu timnya memenangkan Piala Liga Singapura 2016, trofi pertama Geylang sejak 2009, sambil mendapatkan panggilan ke tim nasional.

Karier internasional

Shawal dipanggil untuk pertama kalinya ke tim senior oleh pelatih kepala tim nasional Singapura V. Sundramoorthy pada tahun 2016 untuk pertandingan melawan Malaysia dan Hong Kong. Ia melakukan debut internasionalnya melawan Hong Kong pada menit ke-79, menggantikan Gabriel Quak.

Shawal mencetak gol internasional pertamanya, dalam pertandingan internasional keduanya, melawan Afghanistan. Ia mencetak gol pada menit ke-46 untuk menyamakan kedudukan bagi Lions. Namun, Singapura akhirnya kalah 2-1.

 

Baca juga : Lolos Perempat Final Korea Open 2024, Fikri/Daniel Akui Penampilannya Belum Maksimal

 

 

 

You May Also Like