SCOTT FRANCIS McTOMINAY

2 min read

Scott Francis McTominay atau sering di panggil dengan Scott McTominay seorang pemuda berbakat di duni olahraga sepakbola. Lahir 8 Desember 1996 dan ia merupakan pemain sepak bola profesional. Bermain sebagai gelandang dan terkadang sebagai penyerang untuk klub Liga Primer Manchester United dan tim nasional Skotlandia.

McTominay adalah lulusan akademi muda Manchester United dan melakukan debut seniornya untuk klub tersebut pada Mei 2017. Ia telah tampil lebih dari 200 kali untuk klub tersebut, memenangkan Piala FA dan Piala EFL.

Scott Francis McTominay Masa Muda Memulai Karir Sepakbola

Lahir di Inggris, McTominay memenuhi syarat untuk bermain untuk Skotlandia melalui ayahnya yang berasal dari Helensburgh. Ia melakukan debut internasional seniornya pada Maret 2018, dan mewakili tim tersebut di Euro 2020 dan Euro 2024.

Karier klub

McTominay bergabung di Manchester United dengan akademi Manchester United sejak usia lima tahun setelah menghadiri pusat pengembangan klub di Preston. Meskipun gelandang tengah dianggap sebagai posisi paling alaminya.

Musim 2016–17 Pada tanggal 30 April 2017, McTominay masuk ke bangku cadangan untuk pertandingan melawan Swansea City di Liga Primer.

Euro 2020

Untuk pertandingan internasional yang dimainkan pada September 2020, McTominay digunakan sebagai bek tengah. Dalam pertahanan tiga orang oleh pelatih kepala Steve Clarke.  Ia berhasil mengeksekusi penalti dalam adu penalti melawan Israel dan dalam playoff terakhir melawan Serbia. Membantu Skotlandia lolos ke UEFA Euro 2020, turnamen pertama mereka dalam 23 tahun.

Karier International

Kualifikasi Piala Dunia 2022

McTominay mencetak gol internasional pertamanya pada 9 Oktober 2021. Gol kemenangan di masa injury time melawan Israel dalam kualifikasi Piala Dunia 2022.

Kualifikasi Euro 2024

Pada 25 Maret 2023, McTominay mencetak dua gol di akhir pertandingan dalam kemenangan 3-0 atas Siprus. Dalam pertandingan pertama kualifikasi UEFA Euro 2024. Tiga hari kemudian, ia mencetak dua gol lagi dalam kemenangan 2-0 atas Spanyol. Kemenangan pertama negaranya melawan lawan tersebut sejak 1984.

Euro 2024

Pada 7 Juni 2024, McTominay masuk dalam skuat Skotlandia untuk putaran final UEFA Euro 2024 di Jerman. Selain gol bunuh diri Antonio Rudiger pada pertandingan pembuka, Skotlandia tidak mencetak gol lain. Dalam turnamen tersebut saat mereka dikalahkan 1–0 oleh Hungaria pada pertandingan grup ketiga mereka. Di mana McTominay bermain selama 90 menit.

 

Baca juga : Tampil Impresif di Pramusim, Harvey Eliott Siap Pukau Arne Slot

You May Also Like