SAVIO MOREIRA de OLIVEIRA

2 min read

Savio Moreira de Oliveira lahir 10 April 2004 dikenal sebagai Savinho atau Savio.  Merupakan pemain sepak bola profesional Brasil. Bermain sebagai pemain sayap untuk klub Liga Premier Manchester City dan tim nasional Brasil.

Savio Awal Mendapatkan Karirnya

Atletico Mineiro
Posisi bermain sebagai Penyerang dan bergabung dengan Atletico Mineiro di level pemuda U-14. DDan dengan cepat menarik perhatian. Savinho menandatangani kontrak profesional pertamanya pada 18 Juni 2020, mengamankan kesepakatan tiga tahun dengan klausul pelepasan sebesar 60 juta euro.

Dengan penampilan yang kuat untuk Galo, penyerang tersebut dipanggil oleh Tim U-15 Brasil. Untuk berpartisipasi dalam Kejuaraan Amerika Selatan, di mana ia muncul sebagai juara.

Pada tahun 2020, Savinho diintegrasikan ke dalam tim transisi dan mulai berlatih secara rutin dengan skuad profesional. Ia melakoni debutnya untuk tim utama pada 19 Agustus dalam kemenangan 4-3 atas Atlético Goianiense di Goiania.

Pada tahun 2021, ia menjadi bagian dari skuad yang memenangkan tiga mahkota untuk Atletico Mineiro pada musim itu. Pada bulan Oktober, ia dimasukkan oleh surat kabar Inggris The Guardian. Sebagai salah satu dari 60 pemain muda paling menjanjikan di dunia yang lahir setelah tahun 2004.

Troyes

Pada tanggal 30 Juni 2022, Atletico Mineiro mengumumkan transfer Savio Moreira de Oliveira ke City Football Group. Dengan rekor transfer 6,5 juta euro, dengan tambahan 6 juta euro dalam variabel terkait performa.

Pada 13 Juli 2023, Savinho dipinjamkan ke klub La Liga Girona untuk musim 2023–24. Ia menyelesaikan musim pinjamannya di Girona dengan mencetak 9 gol dan 10 assist dalam 37 pertandingan.

Manchester City

Pada 18 Juli 2024, Savinho menandatangani kontrak dengan klub Liga Primer Manchester City. Dengan transfer yang dilaporkan senilai 30,8 juta euro.

Karier internasional

Savinho adalah anggota tim Brasil U15 yang memenangkan Kejuaraan Amerika Selatan U-15 2019, di mana ia mencetak empat gol. Ia juga dipanggil ke tim yang ambil bagian dalam Piala Dunia U-20 FIFA 2023. Ia mencetak satu gol dalam kemenangan 6-0 Brasil atas Republik Dominika di babak penyisihan grup.

 

Baca juga : Shin Tae-yong Pulih, Ketum PSSI Etho Optimis Hadapi Kualifikasi Piala Dunia 2026

You May Also Like