LEWIS DUNK

2 min read

Lewis Dunk atau Lewis Carl Dunk lahir 21 November 1991. Merupakan pemain sepak bola profesional Inggris. Bermain sebagai bek tengah untuk klub Liga Premier Brighton & Hove Albion dan tim nasional Inggris.

Dunk memulai karir mudanya di Wimbledon sebelum bergabung dengan akademi Brighton & Hove Albion pada tahun 2003. Dia melakukan debut tim utama untuk Brighton pada tahun 2010. Dan merupakan bagian dari tim yang memenangkan gelar League One pada musim 2010-11.

Lewis Dunk Awal Mulai Karir

Pada musim 2016-17, Dunk mencapai promosi ke Liga Premier bersama Brighton, dan masuk dalam Tim Kejuaraan PFA Tahun Ini. Ditunjuk sebagai kapten pada tahun 2019, Dunk memimpin klub tersebut ke kualifikasi Eropa perdananya pada musim 2022-23. Saat mereka lolos ke Liga Eropa UEFA musim berikutnya.

Kehidupan awal dan pribadi

Lewis Carl Dunk lahir pada tanggal 21 November 1991 di Brighton, Sussex Timur. Dia adalah putra mantan pemain non-liga Sussex Mark Dunk. Seorang penggemar Chelsea, Dunk mengidolakan John Terry di masa mudanya. Dan menamai anjing keluarganya ‘Didier’ ​​sebagai penghormatan kepada penyerang Chelsea Didier Drogba.

Karier klub

Dunk memulai karirnya di Wimbledon sebelum dia dibebaskan setelah likuidasi klub dan relokasi ke Milton Keynes. Setelah meninggalkan Wimbledon, Dunk bergabung dengan Brighton & Hove Albion saat dia bermain untuk tim U-12.

Saat berkembang, Dunk menjalani uji coba di Crystal Palace dan membuat tim terkesan. Sehingga mereka menawarinya kontrak. Tetapi dia menolak langkah tersebut, dengan alasan “komitmen sekolah dan tidak dapat melakukan perjalanan tiga kali seminggu ke London”. Dan tetap di Brighton & Hove Albion di pusat keunggulan yang baik.

Karir internasional

Dunk belum pernah bermain untuk Inggris di level pemuda. Pemanggilannya ke tim nasional Inggris U-21 untuk pertandingan kualifikasi Kejuaraan U-21 Eropa UEFA 2013. Melawan Islandia dan Belgia pada November 2011 menandai satu-satunya panggilan internasional pemudanya.

Pada Oktober 2018, ia dipanggil untuk pertama kalinya menggantikan James Tarkowski yang cedera. Di skuad senior Inggris untuk pertandingan melawan Kroasia dan Spanyol di Nations League.

Pada Mei 2023, setelah absen selama empat setengah tahun. Ia dipanggil kembali oleh Gareth Southgate untuk pertandingan melawan Malta dan Makedonia Utara di kualifikasi UEFA Euro 2024.

 

Baca juga : Ronald Araujo Absen Hingga Januari, Barcelona Hadapi Krisis Lini Belakang

 

 

 

You May Also Like