EMILE SMITH ROWE PEMAIN ANDALAN INGGRIS

2 min read

Emile Smith Rowe lahir 28 Juli 2000 merupakan pemain sepak bola profesional Inggris. Bermain sebagai gelandang serang untuk klub Liga Primer Fulham. Ia adalah pemain muda yang sangat disegani di Arsenal. Sekaligus memainkan peran penting bagi Inggris dalam keberhasilan mereka menjuarai Piala Dunia U-17 FIFA pada tahun 2017.

Terobosan profesional Smith Rowe terjadi pada tahun 2018. Saat ia langsung membuat kesan di level senior untuk Arsenal, mencetak beberapa gol dalam pertandingan pertamanya. Pada bulan Januari, Smith Rowe pindah ke RB Leipzig di Bundesliga dengan status pinjaman. Bermain hanya 3 kali karena cedera pangkal paha yang berulang. Meskipun demikian, klub Jerman tersebut melobi namun tidak berhasil untuk kepindahan permanen.

Emile Smith Rowe Awal Mula Berkarir

Smith Rowe telah mewakili semua kelompok umur untuk Inggris di level pemuda. Ia melakoni debut seniornya melawan Albania pada tanggal 12 November 2021, dalam kemenangan 5–0 dalam kualifikasi Piala Dunia FIFA.

Karier klub

Arsenal

Smith Rowe bergabung dengan Akademi Hale End milik Arsenal pada tahun 2010 pada usia sepuluh tahun. Setelah bermain untuk tim Glebe yang bermarkas di London Selatan. Ia tampil pertama kali untuk tim U-23 pada musim 2016–17, pada usia 16 tahun. Ia melanjutkan kariernya di tim U-23 selama musim 2017–18. Tampil 10 kali untuk tim tersebut, mencatat 2 assist dan 1 gol.

Smith Rowe menandatangani kontrak profesional jangka panjang baru dengan Arsenal pada tanggal 31 Juli 2018. Saat ia digambarkan oleh pelatih kepala Unai Emery sebagai pemain yang “sangat berpotensi”.

Fulham

Smith Rowe bergabung dengan Fulham pada 2 Agustus 2024. Dengan kontrak 5 tahun dengan biaya yang dilaporkan sebesar 27 juta euro dengan potensi tambahan sebesar 7 juta euro.

Karier internasional

Smith Rowe telah memperkuat timnas Inggris di level U-16, U-17, U-18, dan U-19. Sembari terus berkembang di akademi Arsenal. Pada bulan April 2017, Smith Rowe dimasukkan ke dalam skuad untuk Kejuaraan Eropa U-17 UEFA 2017. Ia masuk sebagai pemain pengganti pada pertandingan semifinal melawan Turki.

Gaya bermain 

Mantan kepala perekrutan akademi Arsenal, Steve Morrow, menggambarkan Smith Rowe sebagai “orang yang sangat lugas. Selalu melihat ke depan, memiliki sentuhan yang indah, sangat pintar dalam penguasaan bola. Ia selalu penuh energi dan semangat kerja, serta sangat bersemangat saat menguasai bola. Dalam kolom mingguan Team of the Week miliknya, Garth Crooks mengatakan “anak ini adalah gelandang yang luar biasa.

 

Baca juga : Olimpiade 2024 Carini Minta Maaf ke Imane Khelif

 

 

 

 

You May Also Like