DION COOLS

2 min read

. MDion Cools atau dengan nama panjang Dion Johan Chai Cools, seorang pemuda yang sangat berbakat di dunia olahraga sepakbola.  Ia lahir 4 Juni 1996 merupakan pemain sepak bola profesional Malaysia. Bermain sebagai bek tengah atau bek sayap untuk klub Liga 1 Thailand Buriram United dan tim nasional Malaysia.

Cools dibesarkan di Belgia, dan mewakili negara tersebut di level pemuda dengan 28 caps. Tetapi kemudian memilih bermain untuk negara asalnya Malaysia, dan melakukan debut seniornya pada 3 Juni 2021.

Dion Cools Awal Mulai Mendapatkan Karir

Cools memulai kariernya dengan Tempo Overijse, tetapi segera pindah ke OH Leuven saat berusia 9 tahun. Pada tahun 2010, ia bergabung dengan tim muda Anderlecht. Setelah satu musim, ia kembali ke akademi muda OH Leuven pada tahun 2013.

OH Leuven

Pada tanggal 3 Agustus 2014, Cools melakukan debutnya di tim utama OH Leuven, berkompetisi di Divisi Kedua Belgia. Ia berada di susunan pemain awal untuk pertandingan tandang melawan Racing Mechelen.

Club Brugge

Pada tanggal 23 Juni 2015, Cools menandatangani kontrak empat tahun dengan Club Brugge. Ia memenangkan dua gelar nasional Belgia dan dua kali Piala Super Belgia. Cools menjadi pemain inti di bawah pelatih kepala Michel Preud’homme pada musim 2016–17.

Midtjylland

Pada 31 Januari 2020, Cools menandatangani kontrak tiga tahun dengan Midtjylland di Liga Super Denmark. Cools mencetak gol pertamanya untuk klub tersebut pada 14 Februari 2021. Satu-satunya gol dalam pertandingan tersebut dalam kemenangan atas Horsens di Liga Super.

FK Jablonec

Pada 12 September 2022, Cools menandatangani kontrak jangka pendek dengan klub Republik Ceko, FK Jablonec.

Buriram United

Pada 3 Januari 2023, Cools menandatangani kontrak satu setengah tahun. Dengan Buriram United di Liga 1 Thailand dengan status bebas transfer. Ia melakukan debutnya untuk klub tersebut pada 22 Januari dalam kemenangan 3-0 atas Sukhothai. Setelah terpilih menjadi pemain inti melawan klub tersebut.

Karier internasional

Cools dipanggil untuk kualifikasi Kejuaraan Eropa U-19 UEFA 2015 oleh pelatih tim nasional U-19 Belgia, Gert Verheyen. Ia juga memenuhi syarat untuk bermain untuk Malaysia melalui garis keturunan ibunya.

Cools mencetak gol internasional pertamanya dalam pertandingan kualifikasi Piala Asia AFC 2023 terakhir Malaysia melawan Bangladeshembantu Malaysia mengamankan kemenangan 4-1. Cools juga mewakili negaranya di Piala Asia AFC 2023 di mana ia menjadi kapten mereka.

 

Baca juga : Juventus Datangkan Koopmeiners

 

You May Also Like