DANIEL OLMO CARVAJAL

2 min read

Daniel Olmo Carvajal atau sering di panggil dengan Dani Olmo lahir 7 Mei 1998 merupakan pemain sepak bola profesional Spanyol. Bermain sebagai gelandang serang atau pemain sayap kiri untuk klub Bundesliga RB Leipzig dan tim nasional Spanyol.

Beberapa waktu di La Masia, Olmo melakukan debut profesionalnya untuk Dinamo Zagreb di Kroasia pada tahun 2015. Ia tampil sebanyak 124 kali untuk klub tersebut. Mencetak 34 gol dan memenangkan liga sebanyak lima kali dan piala sebanyak tiga kali.

Daniel Olmo Carvajal Awal Mulai Karir Klub

Pada tahun 2020, ia bergabung dengan RB Leipzig, memenangkan dua DFB-Pokal serta Piala Super DFL 2023. Ia berhasil mencetak tiga gol.

Olmo memenangkan Kejuaraan Eropa UEFA 2019 bersama tim Spanyol U-21 an medali perak di turnamen Olimpiade 2020. Ia merupakan anggota tim Spanyol yang memenangi Euro 2024, dan menjadi pencetak gol terbanyak bersama di turnamen tersebut.

Karier klub

Sebuah langkah yang mengejutkan, Olmo bergabung dengan Dinamo Zagreb pada 31 Juli 2014, pada usia 16 tahun. Ia melakukan debut tim pertamanya melawan Lokomotiva Zagreb pada 7 Februari 2015. Sebagai pemain pengganti pada menit ke-76 untuk Paulo Machado dalam kemenangan kandang 2–1.

Pada 22 Agustus 2016, Olmo menandatangani kontrak baru berdurasi empat tahun. Dia mencetak tiga gol dalam empat pertandingan saat tim menjadi runner-up di piala. Termasuk satu gol dalam kekalahan 3-1 dari Rijeka di final pada 31 Mei.

RB Leipzig

Pada 25 Januari 2020, Olmo pindah ke klub Bundesliga RB Leipzig, menandatangani kontrak berdurasi empat tahun. Ia melakoni debutnya seminggu kemudian, dalam hasil imbang 2–2 dengan Borussia Mönchengladbach saat masuk menggantikan Tyler Adams pada menit ke-69.

Olmo melakoni debutnya untuk Leipzig pada 9 Februari 2020, dalam pertandingan melawan Bayern Munich. Berakhir imbang tanpa gol, saat ia menggantikan Patrik Schick pada menit ke-69.

Karier internasional

Olmo menjadi bagian dari skuad Spanyol di Kejuaraan Eropa U-17 2015 di Bulgaria. Ia mencetak gol dalam adu penalti saat mereka tersingkir oleh Jerman di perempat final. Tetapi tendangannya kemudian ditepis oleh Will Huffer saat Spanyol kalah dari Inggris. Dengan cara yang sama dalam play-off untuk Piala Dunia tahun itu.

 

Baca juga : Jadwal Final Sepakbola Putra Olimpiade Paris 2024 Prancis vs Spanyol

You May Also Like