BRADLEY BARCOLA

2 min read

Bradley Barcola atau dengan nama panjang Bradley Laurent Barcola lahir 2 September 2002. Merupakan pemain sepak bola profesional Prancis. Bermain sebagai penyerang atau pemain sayap untuk klub Ligue 1 Paris Saint-Germain dan tim nasional Prancis.

Barcola memulai karier profesionalnya dengan klub masa kecilnya. Tempat ia bermain selama dua musim, yang terakhir ia masuk ke dalam skuad inti.

Kegemilangan ini membawanya pindah ke Paris Saint-Germain seharga 45 juta euro pada Juli 2023. Tempat ia dinobatkan sebagai pemain terbaik musim itu untuk musim debutnya.

Bradley Barcola Awal Mulai Karir

Lyon

Selama musim 2020–21, Barcola mulai bermain dengan tim cadangan Lyon. Di National 2 sekaligus menjadi pencetak gol yang produktif bersama tim U-19 yang bermain di Liga Pemuda UEFA. Sebelum menandatangani kontrak junior pada Januari 2021.

Setelah dipanggil ke tim utama Lyon oleh Peter Bosz selama pramusim 2021–22—mencetak gol pertamanya melawan Bourg-en-Bresse. Menggantikan Rayan Cherki pada menit ke-81 dalam kemenangan kandang 3–0 melawan Sparta Praha di babak penyisihan grup Liga Europa.

Paris Saint-Germain
Pada 31 Agustus 2023, Barcola bergabung dengan klub Ligue 1 lainnya, Paris Saint-Germain (PSG). Dengan biaya transfer yang dilaporkan sebesar 45 juta euro. Dan menandatangani kontrak berdurasi lima tahun dengan klub tersebut.

Ia menjadi pemain ke-500 yang tampil untuk Paris Saint-Germain. Pada 24 September, Barcola melakukan penampilan pertamanya untuk PSG dalam kemenangan 4–0 atas rival Le Classique, Marseille.

Pada 14 Februari 2024, ia mencetak gol Liga Champions pertamanya dalam kemenangan 2-0. Atas Real Sociedad di leg pertama babak 16 besar.

Karier internasional
Barcola pertama kali dipilih bersama timnas Prancis U-18 pada Januari 2020 untuk memainkan dua pertandingan persahabatan. Namun, ia tidak tampil karena sebagian besar pertandingan junior dibatalkan karena COVID-19 selama musim-musim berikutnya.

Pada 16 Mei 2024, Barcola menerima panggilan pertamanya ke tim nasional Prancis untuk UEFA Euro 2024. Pada 5 Juni 2024, ia memulai debutnya sebagai pemain pengganti Marcus Thuram pada menit ke-81. Dalam kemenangan persahabatan 3-0 melawan Luksemburg di Stade Saint-Symphorien di Metz.

Gaya bermain
Barcola adalah penyerang serba bisa, mampu bermain di kedua sisi tiga penyerang atau sebagai penyerang tengah. Ia mendapat inspirasi dari pemain seperti Pierre-Emerick Aubameyang.

Kehidupan pribadi
Barcola memiliki kewarganegaraan Prancis dan Togo. Saudaranya Malcolm juga seorang pemain sepak bola.

 

Baca juga : Gregoria Bukan yang Pertama Raih Perunggu Olimpiade Tanpa Main

 

 

You May Also Like