ADAM BUKSA

2 min read

Adam Buksa lahir 12 Juli 1996 seorang pemain muda profesional dari Polandia. Bermain sebagai penyerang tengah untuk klub Liga Super Denmark Midtjylland dan tim nasional Polandia. Selain Polandia, ia pernah bermain di Italia, Amerika Serikat, Prancis, dan Turki.

Adam Buksa merupakan produk dari sistem pemuda klub Wisła Krakow. Tetapi memulai karier profesionalnya di Lechia Gdansk dan melakukan debutnya pada 25 Juli 2014 melawan Podbeskidzie Bielsko-Biala. Ia bermain untuk Lechia selama dua musim dan pindah ke Zagłębie Lubin setelah musim 2015–16.

Adam Buksa Tempuh Karir Dari Klub ke Klub

Di Zaglebie, Buksa bermain hingga Januari 2018 dan dipinjamkan ke Pogoń Szczecin selama sisa musim 2017–18. Setelah musim itu, Buksa menandatangani kontrak dengan Pogoń dan membuktikan dirinya sebagai salah satu penyerang muda paling menjanjikan di Polandia. Pada Desember 2019, ia menandatangani kontrak selama tiga tahun dengan New England Revolution dari Major League Soccer.

New England Revolution

Buksa menandatangani kontrak dengan New England Revolution pada 12 Desember 2019. Biaya transfernya yang dilaporkan sebesar 4,5 juta euro menjadikannya pemain termahal kedua dalam sejarah waralaba tersebut di belakang Gustavo Bou.

Lens

Pada 7 Juni 2022, New England Revolution mengumumkan bahwa Buksa akan meninggalkan klub. Dan akan pindah ke klub Ligue 1 Lens dengan biaya transfer yang dilaporkan sebesar 10 juta euro.

Dipinjamkan ke Antalyaspor

Pada 18 Juli 2023, Buksa dipinjamkan selama satu musim. Dengan opsi pembelian, ke klub Turki Antalyaspor, bergabung dengan rekan senegaranya Jakub Kaluzinski. Ia mengakhiri musim dengan 16 gol dalam 33 penampilan di Süper Liga. Dan menjadi pencetak gol terbanyak Antalyaspor di semua kompetisi sepanjang musim 2023–24.

Midtjylland

Pada 11 Juli 2024, Buksa pindah ke juara bertahan Denmark, Midtjylland, dengan kontrak selama empat tahun. Biaya yang dilaporkan sebesar 4,5 juta euro. Ia mencetak gol pada debutnya, dalam hasil imbang liga 1-1 melawan Aarhus pada 19 Juli.

Karier internasional

Buksa menerima panggilan pertama ke tim nasional Polandia oleh manajer saat itu. Jerzy Brzęczek, dalam pertandingan persahabatan melawan Republik Ceko pada 15 November 2018. Tetapi tidak dimainkan dalam kekalahan Polandia 1-0. Pada penampilan keduanya bersama tim nasional, Buksa menyelesaikan hat-trick pertamanya saat Polandia menang melawan San Marino 7-1.

 

Baca juga :   IDB Berpartisipasi di Ajang Tuna Rungu  ASEAN 2024

You May Also Like