RICO MARK LEWIS

2 min read

Rico Mark Lewis atau Rico Lewis lahir 21 November 2004 merupakan pemain sepak bola profesional Inggris. Bermain sebagai bek sayap atau gelandang bertahan untuk klub Liga Premier Manchester City dan tim nasional Inggris.

Lewis bergabung dengan akademi Manchester City pada usia delapan tahun dan bergabung dengan tim klub U-18 pada usia 15 tahun. Dia menjadi kapten tim untuk musim 2021-22, dengan tim tersebut memenangkan gelar.

Rico Mark Lewis Awal Karir

Lewis dimasukkan ke bangku cadangan City untuk pertama kalinya pada pertandingan pertama Manchester City musim 2022-23. Dan melakukan debutnya di Liga Premier seminggu kemudian, pada 13 Agustus 2022, melawan AFC Bournemouth. Masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-82. Kyle Walker.

Pada tanggal 5 Oktober, Lewis melakukan debutnya di Liga Champions UEFA untuk Manchester City. Dalam kemenangan 5-0 melawan Kopenhagen, masuk sebagai pengganti Joao Cancelo.

Setelah serangkaian penampilan pengganti, Lewis mendapatkan start pertamanya di Liga Champions pada 2 November 2022. Mencetak gol penyeimbang dalam kemenangan comeback 3-1 melawan Sevilla. Dengan melakukan hal tersebut, ia menjadi pencetak gol termuda pada pertandingan Liga Champions untuk pertama kalinya.

Dan pencetak gol termuda City di Liga Champions, berusia 17 tahun 346 hari. Lewis menerima pelecehan rasis selama pertandingan dari fans Sevilla. Pada tanggal 28 Desember, ia mendapat start pertamanya di Liga Premier. Dalam kemenangan 3-1 atas Leeds United, bermain hingga menit ke-68, menggantikan Joao Cancelo.

Pada 20 Mei 2023, Manchester City memenangkan gelar Liga Premier 2022-23, dengan Lewis memainkan 14 pertandingan, 10 pertandingan sebagai starter. Timnya juga memenangkan Piala FA, dengan dia memainkan semua pertandingan kecuali final, menyelesaikan gelar ganda domestik.

Pada tanggal 10 Juni, timnya memenangkan Liga Champions untuk pertama kalinya. Dengan Lewis menjadi pemain pengganti yang tidak digunakan di final. Menyelesaikan treble kontinental, suatu prestasi yang hanya dicapai sekali sebelumnya dalam sepak bola Inggris.

Karir internasional

Pada September 2021, Lewis mencetak gol untuk tim nasional Inggris U-18 saat bermain imbang melawan Wales. Pada 21 September 2022. Lewis melakukan debutnya di U-19 dengan skor 2-0 di kualifikasi Kejuaraan U-19 Eropa UEFA 2023 menang atas Montenegro di Denmark.

Lewis melakukan debutnya untuk tim U-21 pada 28 Maret 2023 dengan kekalahan 2-1 dari Kroasia di Craven Cottage.

 

Baca berita lainnya hari ini : 4 Negara Yang Menjadi Korban Kecurangan Wasit Saat Lawan Timnas Qatar

You May Also Like