RICCARDO CALAFIORI

2 min read

Riccardo Calafiori merupakan pemain sepak bola profesional Italia. Bermain sebagai bek untuk klub Serie A Bologna dan tim nasional Italia. Dia dianggap sebagai salah satu bek muda terbaik Italia, terkenal karena fisik, penempatan posisi, dan kemampuan menandainya.

Riccardo Calafiori Karier Klub

Produk pemuda Roma, Calafiori menandatangani kontrak pertamanya dengan mereka pada 16 Juni 2018. Calafiori menderita cedera lutut yang hampir mengakhiri karirnya pada 2 Oktober 2018. Selama pertandingan, ia memenangkan penalti, yang berhasil dikonversi oleh rekan setimnya Diego Perotti. Dan ia juga mencetak gol melalui tendangan jarak jauh menyusul tendangan sudut, yang dianulir. Karena bola sebelumnya sudah keluar dari permainan.

Basel

Pada 30 Agustus 2022, Roma mengumumkan bahwa Calafiori telah bergabung dengan Basel dengan kesepakatan permanen. Calafiori menandatangani kontrak 3 tahun dengan Basel. Dia bergabung dengan tim utama Basel untuk musim 2022-23 di bawah asuhan pelatih kepala Alexander Frei.

Bologna

Pada 31 Agustus 2023, Calafiori kembali ke Serie A dan menandatangani kontrak dengan Bologna. Di bawah pelatih kepala Thiago Motta. Ia dialihkan ke peran bek tengah, di mana ia muncul sebagai salah satu pemain terbaik di liga. Pada tanggal 20 Mei 2024. Ia mencetak gol pertamanya di Serie A dengan mencetak dua gol saat bermain imbang 3–3 melawan Juventus. Dengan Bologna kebobolan tiga gol cepat setelah pergantian pemain pada menit ke-75.

Karir internasional

Pada 3 September 2021, Calafiori melakukan debutnya bersama skuad Italia U21. Bermain sebagai pemain pengganti dalam pertandingan kualifikasi melawan Luksemburg, yang dimenangkan Italia 3-0. Pada tanggal 23 Mei 2024, ia menerima panggilan resmi pertamanya ke tim nasional senior Italia. Dimasukkan dalam skuad awal untuk UEFA Euro 2024 oleh manajer Luciano Spalletti.

Setelah kemudian dipastikan masuk skuad terakhir untuk UEFA Euro 2024. Calafiori melakukan debut kompetitifnya pada tanggal 15 Juni, dimulai dengan kemenangan 2-1 atas Albania di babak penyisihan grup.

Gaya permainan

Seorang bek berkaki kiri, Calafiori mulai bermain sebagai bek kiri atau bek sayap kiri. Sebelum dialihkan ke peran bek tengah selama bertugas di Bologna, di bawah manajer Thiago Motta. Karena kemampuannya untuk mulai menyerang.

 

Baca juga : Tim Futsal Indonesia Juara ASEAN Unoversity Games 2024, Libas Malaysia

You May Also Like