RAFAEL ALEXANDRE DA CONCEICAO LEAO

2 min read

Rafael Alexandre da Conceicao Leao merupakan pemain sepak bola profesional Portugis. Bermain sebagai pemain sayap kiri untuk klub Serie A AC Milan dan tim nasional Portugal. Pria yang lahir pada tanggal 10 Juni 1999 dianggap sebagai salah satu pemain sayap kiri terbaik di dunia. Ia dikenal karena dribbling dan kecepatannya.

Lulus dari sistem pemuda Sporting CP melakukan debut tim utama pada tahun 2018. Memenangkan Taça da Liga 2017–18, sebelum secara sepihak mengakhiri kontraknya. Menyusul insiden yang melibatkan gerombolan penggemar ultras di dalam fasilitas klub.

Rafael Alexandre Mantan Pemain Portugal

Rafael adalah mantan pemain timnas muda Portugal. Dia melakukan debut internasional seniornya pada tahun 2021. Dan menjadi bagian dari skuad Portugal di Piala Dunia FIFA 2022 dan UEFA Euro 2024.

Masa muda

Rafael Alexandre lahir pada 10 Juni 1999 di Almada, Portugal, sebuah kota yang terletak di Wilayah Metropolitan Lisbon. Putra dari ayah Angola dan ibu Sao Tomean yang bertemu di daratan Portugal, ia dibesarkan di Amora dan memiliki tiga.

Karier klub

Bergabung dengan sistem pemuda Sporting CP pada usia 9 tahun setelah sempat bermain sebentar di Amora dan Foot 21. Pada tanggal 21 Mei 2017, masih junior, ia melakukan debut seniornya dengan tim cadangan. Masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua dan mencetak gol dalam hasil imbang 1-1 melawan Braga B.

Atas izin manajer Jorge Jesus, Leao pertama kali tampil di Liga Primeira bersama tim utama pada 11 Februari 2018. Menggantikan Bryan Ruiz di 21 menit terakhir dalam kemenangan kandang 2-0 atas Feirense.

AC Milan

Menandatangani kontrak lima tahun di AC Milan dengan biaya 35 juta euro ditambah klausul penjualan 20%. Dia membuat debut Serie A pada tanggal 25 Agustus. Menggantikan Samu Castillejo di menit ke-75 dalam kekalahan tandang 1-0 dari Udinese.

Karir internasional

Leao berpartisipasi dalam Kejuaraan U-17 Eropa UEFA 2016. Di kompetisi ini, ia memainkan lima dari enam pertandingan, tidak bermain melawan Belanda di semifinal. Di final melawan Spanyol, Dia menggantikan Domingos Quina pada menit ke-79.

Karier senior

Selama pertandingan penyisihan grup melawan Uruguay di Piala Dunia FIFA 2022. Pada tanggal 5 Oktober 2021, Leão dipanggil ke tim senior untuk tim utama, sebagai pengganti Rafa Silva yang cedera. Empat hari kemudian, ia melakukan debut internasionalnya.

 

Berita lainnya hari ini : Jadwal Grand Final Proliga 2024 Berlangsung Akhir Pekan Ini

You May Also Like