PHILIP WALTER FODEN

2 min read

Philip Walter Foden atau sering di panggil Phil Foden lahir 28 Mei 2000 merupakan pemain sepak bola profesional Inggris. Bermain sebagai gelandang untuk klub Liga Premier Manchester City dan tim nasional Inggris.

Terobosan Foden ke dunia sepak bola profesional terjadi pada tahun 2017. Ketika ia memenangkan penghargaan Bola Emas Piala Dunia U-17 FIFA menyusul kesuksesan Inggris di Piala Dunia U-17. Dia melakukan debutnya untuk City pada tahun yang sama. Dan pada bulan Desember dinobatkan sebagai BBC Young Sports Personality of the Year.

Philip Walter Foden Penampilan dan Karir Klub

Foden telah membuat lebih dari 200 penampilan untuk klub, memenangkan lima belas penghargaan, termasuk treble kontinental pada musim 2022-23. Dan menjadi penerima termuda medali pemenang Liga Premier pada tahun 2018.

Pada tahun 2019, ia memenangkan Liga Premier kedua dan menjadi pencetak gol termuda. Klub di Liga Champions UEFA, dan merupakan pemain Inggris termuda yang memulai pertandingan. Dan mencetak gol di babak sistem gugur kompetisi.

Pada tahun 2021 dan 2022, ia dinobatkan sebagai Pemain Muda Terbaik Liga Premier Musim Ini. Dan Pemain Muda Terbaik PFA Tahun Ini. Pada tahun 2024. Foden mewakili Inggris di berbagai level pemuda sebelum melakukan debutnya untuk tim senior pada September 2020. Dia adalah bagian dari tim Inggris untuk UEFA Euro 2020, Piala Dunia FIFA 2022, dan UEFA Euro 2024.

Karier klub

Philip Walter Foden lahir pada tanggal 28 Mei 2000 di Stockport, Greater Manchester, dan merupakan pendukung masa kecil Manchester City. Dia bergabung dengan klub pada usia empat tahun dan menandatangani beasiswa Akademi pada Juli 2016. Ia menempuh pendidikan swasta di St Bede’s College, dengan biaya kuliahnya ditanggung oleh Manchester City.

Pada 6 Desember 2016, manajer City Pep Guardiola memasukkan Foden ke dalam skuad matchda. Pertandingan penyisihan grup Liga Champions UEFA dengan Celti. Dia adalah pemain pengganti yang tidak digunakan dalam hasil imbang 1-1 di kandang.

Senior

Pada 25 Agustus 2020, Gareth Southgate menunjuk Foden di tim senior Inggris untuk pertama kalinya. Dia melakukan debut internasionalnya melawan Islandia pada 5 September 2020, dalam kemenangan tandang 1-0 di turnamen UEFA Nations League.

Pada tanggal 7 September, Foden, bersama rekan setimnya di Inggris Mason Greenwood. Ditarik dari skuad Inggris karena melanggar protokol isolasi COVID-19. Tim dengan membawa setidaknya satu tamu ke hotel tim mereka di Islandia. Manchester City mengutuk tindakan Foden.

 

Berita juga : Penyerang MU Mason Greenwood Selangkah Lagi ke Marseille

 

 

 

You May Also Like