MATTHIJS DE LIGTT

2 min read

Matthijs de Ligtt lahir 12 Agustus 1999 adalah pemain sepak bola profesional Belanda. Bermain sebagai bek tengah untuk klub Bundesliga Bayern Munich dan tim nasional Belanda.

Dianggap sebagai salah satu bek terbaik di dunia, De Ligt dikenal karena kekuatan, kepemimpinan, agresivitas, tekel, dan kemampuan udaranya. De Ligt melakukan debut untuk tim senior Ajax pada September 2016 dalam pertandingan piala melawan Willem II.

Matthijs de Ligtt Awal Mulai Karir

Pada bulan Desember 2018, ia memenangkan penghargaan Golden Boy. Diberikan kepada pesepakbola terbaik Eropa berusia di bawah 21 tahun, menjadi bek pertama yang melakukannya.

Ajax

De Ligt bergabung dengan akademi muda Ajax ketika dia berusia sembilan tahun dari klub lokalnya di Abcoude, di luar Amsterdam. Pada awalnya, para pelatih di akademi muda mengira dia terlalu lambat dan tidak dalam kondisi prima. Namun dia diberi kesempatan untuk berkembang di akademi dan terus membuktikan kualitasnya.

Jong Ajax dan perkembangannya
Dia melakukan debut untuk Jong Ajax pada 8 Agustus 2014 di pertandingan Eerste Divisie melawan FC Emmen, bermain penuh. Selama musim ini, De Ligt bermain dalam 17 pertandingan untuk Jong Ajax.

Juventus

Pada 18 Juli 2019, De Ligt menandatangani kontrak. Dengan juara Serie A Juventus dengan kontrak lima tahun dengan biaya 75 juta euro. Harus dibayar dalam lima kali angsuran tahunan, dengan biaya tambahan sebesar 10,5 juta euro.

Bayern Munich
Pada 19 Juli 2022, De Ligt menandatangani kontrak dengan juara Bundesliga Bayern Munich. Dengan kontrak lima tahun dengan biaya awal yang dilaporkan sebesar 67 juta euro. Berpotensi meningkat menjadi 77 juta euro sebagai tambahan.

Karir internasional

Pada 25 Maret 2017, De Ligt melakukan debutnya untuk tim nasional Belanda dengan kekalahan tandang 2-0 dari Bulgaria. Selama kualifikasi Piala Dunia FIFA 2018. Pada usia 17 tahun, ia menjadi pemain termuda yang menjadi starter di tim nasional sejak 1931.

Selama babak penyisihan grup UEFA Nations League 2018-19, De Ligt menjadi starter. Dan bermain 90 menit di keempat pertandingan melawan Jerman dan Prancis.

De Ligt adalah anggota skuad Belanda untuk UEFA Euro 2020. Setelah absen pada pertandingan pembuka tim melawan Ukraina, ia melakukan debut turnamennya melawan Austria pada 17 Juni 2021.

 

Baca berita  terkini lainnya : Cucurella Soal Handball Lawan Jerman: Memang Kena Tangan

 

You May Also Like