BUKAYO AYOYINKA TEMIDAYO SAKA

2 min read

Bukayo Ayoyinka Temidayo Saka atau sering di panggil dengan Bukayo Saka. Lahir 5 September 2001 dan merupakan pemain sepak bola profesional Inggris. Bermain sebagai pemain sayap kanan untuk klub Liga Premier Arsenal dan tim nasional Inggris.

Ia dianggap sebagai salah satu pemain sayap terbaik di dunia. Saka telah menghabiskan seluruh karir klub tim utamanya bersama Arsena. Telah memenangkan satu Piala FA dan dua Community Shields FA, secara bertahap menjadi salah satu pemain paling berpengaruh di Arsenal. Setelah musim 2020–21 dan 2021–22, ia dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Arsenal Musim Ini.

Bukayo Ayoyinka Temidayo Pemain Sayap Terbaik

Saka mewakili Inggris di berbagai level pemuda sebelum melakukan debutnya untuk tim senior pada Oktober 2020. Ia adalah bagian dari skuad Inggris untuk UEFA Euro 2020. Berakhir dengan Inggris sebagai runner-up, dan Piala Dunia FIFA 2022.

Karier klub
Setelah sebelumnya bermain untuk tim yunior Watford, Saka bergabung dengan akademi Hale End Arsenal pada usia tujuh tahun.

Pada tahun 2020, pelatih Arsenal U16 Trevor Bumstead mengatakan: “Bukayo selalu menonjol di tim-tim muda. Dia adalah pengambil keputusan yang fantastis. Dia tahu kapan harus mengalahkan orang dan kapan harus mengoper. Serta memiliki atribut fisik yang brilian dan karakter yang sangat bagus dan kepribadian.

Setelah ia berusia 17 tahun, Saka menandatangani kontrak profesional dengan Arsenal dan dipromosikan ke tim U-23.

Karir internasional

Saka melakukan debutnya untuk tim nasional Inggris U-16 pada 24 Agustus 2016 sebagai pemain pengganti. Dalam kemenangan tandang 3-1 atas Rumania dalam pertandingan persahabatan.

Dia membuat start pertamanya dua hari kemudian dengan kekalahan 2-1 dari lawan yang sama di pertandingan persahabatan lainnya. Saka adalah bagian dari skuad Turnamen Pembangunan U-16 UEFA 2017, membuat dua penampilan saat Inggris menyelesaikan turnamen sebagai runner-up. Dia menyelesaikan karirnya di bawah 16 tahun dengan enam penampilan dan satu gol dari 2016 hingga 2017.

Karier senior

Saka membuat satu-satunya penampilan untuk tim Inggris U-21 ketika memulai kemenangan tandang 6-0 ke Kosovo.

Pada tanggal 1 Oktober, Saka dipanggil ke skuad senior Inggris untuk pertama kalinya. Dan melakukan debut internasionalnya sebagai salah satu starter dalam kemenangan 3-0 atas Wales.

 

Berita lainnya hari ini : Menang Comeback atas Turki, Ronaldo Koeman Puji Daya Juang Timnas Belanda

You May Also Like