ADAM JAMES WHARTON

2 min read

Adam James Wharton lahir 6 Februari 2004 merupakan pemain sepak bola profesional Inggris. Bermain sebagai gelandang tengah untuk klub Liga Premier Crystal Palace dan tim nasional Inggris.

Dia memulai karir sepak bolanya di akademi di Blackburn Rovers. Dia melakukan debutnya untuk Blackburn di Kejuaraan EFL pada tahun 2022. Menandatangani kontrak dengan Crystal Palace pada Februari 2024. Dia dipuji atas penampilannya untuk tim Palace yang sedang dalam performa terbaiknya. Membuatnya terpilih untuk skuad Inggris di UEFA Euro 2024.

Adam James Wharton Awal Mulai Karir

Blackburn Rovers

Wharton mendukung Blackburn Rovers saat masih kecil dan pada usia empat tahun. Pada tahun 2008, dia menjadi maskot klub untuk pertandingan Blackburn melawan Chelsea. Dua tahun kemudian dia bergabung dengan akademi Blackburn.

Pada bulan Februari 2022, Wharton menandatangani kontrak profesional pertamanya di Blackburn Rovers. Kontrak dua setengah tahun dengan opsi hingga tahun 2025. Pada 10 Agustus 2022, Wharton melakukan debut profesionalnya. Setelah masuk dalam starting XI untuk kemenangan putaran pertama Piala EFL 4-0 di Ewood Park melawan Hartlepool United.

Pada 27 Agustus 2022, Wharton melakukan debut liga melawan Stoke City sebagai pemain pengganti di babak pertama untuk Joe Rankin-Costello.

Istana Kristal
Pada tanggal 1 Februari 2024, Crystal Palace mengumumkan penandatanganan Wharton dengan kontrak lima setengah tahun. Biaya tersebut tidak diungkapkan oleh klub, namun dilaporkan sebagai biaya awal sebesar £18 juta, yang berpotensi meningkat menjadi £22 juta. Dia membuat penampilan pertamanya untuk klub dua hari kemudian,. Keluar dari bangku cadangan melawan rival Brighton & Hove Albion dengan kekalahan 4-1. Wharton memulai semua 15 pertandingan tersisa Crystal Palace di Liga Premier.

Karir internasional
Pada 16 September 2022, Wharton bersama rekan setimnya di Blackburn Ashley Phillips dipanggil ke skuad Inggris U-19. Wharton melakukan debutnya dalam kemenangan 2-0 melawan Montenegro. Pada tanggal 31 Agustus 2023, Wharton dimasukkan ke dalam skuad kamp pelatihan U-20 Inggris. Tanggal 16 November, ia melakukan debutnya di U20 saat kalah 3-0 dari Italia di Stadion Eco-Power.

Pada 21 Mei 2024, Wharton menerima panggilan senior pertamanya. Sebagai bagian dari skuad awal yang terdiri dari 33 pemain untuk UEFA Euro 2024. Dia melakukan debutnya di Inggris, sebagai pemain pengganti pada 3 Juni saat menang 3-0 melawan Bosnia dan Herzegovina.

 

Berita terkini lainnya hari ini : Suarez Pahlawan, Uruguay Rebut Peringkat 3 Copa America

You May Also Like