ROMELU MENAMA LUKAKU BOLINGOLI

2 min read

Romelu Menama Lukaku lahir 13 Mei 1993 adalah pemain sepak bola profesional Belgia. Bermain sebagai striker untuk klub Serie A Roma. Dengan status pinjaman dari klub Liga Premier Chelsea, dan tim nasional Belgia.

Lukaku memulai karir klub seniornya dengan bermain untuk Anderlecht. Di mana ia memenangkan gelar Liga Pro Belgia dan menjadi pencetak gol terbanyak liga. Bermain yang terbatas mengakibatkan ia dipinjamkan ke West Bromwich Albion dan Everton pada tahun 2014.

Romelu Menama Lukaku Karir Klub Yang Pernah Bersamanya

Pada tahun 2021, Lukaku kembali ke Chelsea dengan rekor transfer klub senilai 97,5 juta Euro. Namun, setelah satu musim, dia dipinjamkan kembali ke Italia ke Inter Milan dan Roma. Pencetak gol terbanyak Belgia sepanjang masa. Lukaku melakukan debut internasional seniornya pada tahun 2010, dan telah mewakili negaranya di lima turnamen besar.

ukaku bergabung dengan tim lokalnya Rupel Boom pada usia lima tahun. Setelah empat musim di Rupel Boom, Lukaku ditemukan oleh pencari bakat Lierse. Klub Liga Pro Belgia dengan akademi muda yang mapan. Dia bermain untuk Lierse dari tahun 2004 hingga 2006, mencetak 121 gol dalam 68 pertandingan.

Lukaku melakukan debutnya di Stamford Bridge dalam kemenangan 3-1 atas Norwich City pada menit ke-83. Masuk sebagai pemain pengganti Fernando Torres. Dia menghabiskan sebagian besar musimnya bermain untuk tim cadangan. Dan memulai pertandingan Liga Premier pertamanya pada 13 Mei 2012, melawan Blackburn Rovers.

Debutnya di Stamford Bridge dalam kemenangan 3-1 atas Norwich City pada menit ke-83, masuk sebagai pemain pengganti Fernando Torres. Pada hari terakhir jendela transfer musim panas 2013, Lukaku bergabung dengan Everton dengan status pinjaman selama satu musim.

Lukaku adalah anggota tim Belgia U-21 dan mencetak gol pada debutnya melawan Slovenia. Pada tanggal 24 Februari 2010. Ditunjuk untuk pertama kalinya dalam skuad senior Belgia untuk pertandingan persahabatan melawan Kroasia.

Pada 11 Oktober 2013, Lukaku mencetak dua gol saat Belgia mengalahkan Kroasia 2-1 untuk mengamankan tempat di final Piala Dunia. Namun, karena Belgia melakukan tujuh pergantian pemain selama pertandingan ini, bukan enam pergantian pemain yang diizinkan.

Pada tanggal 29 Maret 2016, Lukaku mencetak gol hiburan dalam kekalahan tandang 2-1 dari Portugal, dibantu oleh saudaranya, Jordan Lukaku. Lukaku mencetak dua gol dalam kemenangan 3-0 pertandingan penyisihan grup kedua Belgia pada 18 Juni 2016 atas Republik Irlandia.

 

Berita lainnya baca juga : Spanyol VS Andorra  La Furia Roja Pesta Lima Gol

You May Also Like