MATTHIJS DEE LIGHT

2 min read

Matthijs dee Light (lahir 12 Agustus 1999) adalah pemain sepak bola profesional Belanda  bermain sebagai bek tengah untuk klub Bundesliga Bayern Munich  dan tim nasional Belanda.  Dianggap sebagai salah satu bek terbaik di dunia, De Ligt dikenal karena kekuatan, kepemimpinan, agresivitas, tekel, dan kemampuan udaranya.

De Ligt melakukan debut untuk tim senior Ajax pada September 2016 dalam pertandingan piala melawan Willem II. Dia mencetak gol dari sepak pojok setelah 25 menit, menjadikannya pencetak gol termuda kedua di klub setelah Clarence Seedorf.

Matthijs dee Light Karir Yang Dimiliki

De Ligt bergabung dengan akademi muda Ajax ketika dia berusia sembilan tahun dari klub lokalnya di Abcoude, di luar Amsterdam. Pada awalnya, para pelatih di akademi muda mengira dia terlalu lambat. Dan tidak dalam kondisi prima, namun dia diberi kesempatan untuk berkembang di akademi dan terus membuktikan kualitasnya.

De Ligt bermain untuk Juventus pada tahun 2019. Pada 18 Juli 2019, De Ligt menandatangani kontrak dengan juara Serie A Juventus dengan kontrak lima tahun.  Harus dibayar dalam lima kali angsuran tahunan, dengan biaya tambahan sebesar 10,5 juta Euro.

Dia melakukan debut resminya untuk klub dalam kemenangan kandang 4-3 atas Napoli di Serie A pada tanggal 31 Agustus. Pada tanggal 3 November, ia mencetak gol pertamanya. Untuk klub dalam kemenangan tandang 1-0 atas rival sekota Torino di Derby della Mole.

Pada 19 Juli 2022, De Ligt menandatangani kontrak dengan juara Bundesliga Bayern Munich. Dengan kontrak lima tahun dengan biaya awal yang dilaporkan sebesar 67 juta Euro. Berpotensi meningkat menjadi 77 juta Euro sebagai tambahan.

Pada tanggal 21 Agustus, ia mencetak gol pertamanya di Bundesliga dalam kemenangan tandang 7-0 atas Bochum. Pada 25 Maret 2017, De Ligt melakukan debutnya untuk tim nasional Belanda. Dengan kekalahan tandang 2-0 dari Bulgaria selama kualifikasi Piala Dunia FIFA 2018.

Pada usia 17 tahun, ia menjadi pemain termuda yang menjadi starter di tim nasional sejak 1931. Mei 2019, De Ligt masuk dalam skuad Belanda untuk Final Liga Bangsa-Bangsa perdana.

Pada tanggal 5 Juni 2019, ia mencetak gol sundulan dalam kemenangan 3-1 melawan Inggris di babak semifinal.

 

Baca juga berita lainnya hari ini : Bayern Munich Resmu Gaet Hiroki Ito

You May Also Like