JOSE LUIS MATO SANMARTIN

2 min read

Jose Luis Mato Sanmartin lahir 27 Maret 1990  dikenal sebagai Joselu. Merupakan pemain sepak bola profesional Spanyol yang bermain sebagai striker untuk klub La Liga Real Madrid. Dengan status pinjaman.

Joselu memulai karirnya bersama Celta de Vigo sebelum dibeli oleh Real Madrid pada musim panas 2009. Dia adalah pencetak gol yang produktif untuk tim B mereka, mencetak 40 gol dalam 72 penampilan. Tetapi dia tidak mampu masuk ke tim utama dan dijual.

Jose Luis Mato Sanmartin Dengan Karirnya

Joselu berbaris dengan rekan satu timnya untuk Celta de Vigo pada tahun 2009. Joselu memainkan dua pertandingan profesional pertamanya untuk Celta Vigo lokal di divisi dua, di akhir musim 2008-09. S

Pada akhir musim panas 2009, Joselu dibeli oleh Real Madrid, dan segera dipinjamkan ke mantan timnya untuk musim selanjutnya. Dia relatif digunakan selama kampanye divisi dua, namun hanya mencetak empat gol saat tim finis di posisi ke-12.

Real Madrid

Joselu bermain untuk Real Madrid pada tahun 2011. Pencetak gol terbanyak Real Madrid Castilla di musim 2010-11, bersama Alvaro Morata, tetapi tim gagal memenangkan promosi di babak playoff. Pada tanggal 21 Mei 2011, ia melakukan debutnya di tim utama dan La Liga.

Newcastle United

Joselu bergabung dengan klub Liga Premier Newcastle United dengan kontrak tiga tahun dengan biaya 5 juta euro. Dia melakukan debutnya empat hari kemudian sebagai pemain pengganti Dwight Gayle pada menit ke-52 dalam kekalahan 1-0 di Huddersfield Town.

Spanyol
Pada 27 Juni 2022, Joselu menandatangani kontrak tiga tahun dengan Espanyol sebagai agen bebas. Dia melakukan debutnya untuk klub pada 13 Agustus melawan mantan klub Celta di mana dia mencetak gol dari penalti. Setelah diberikan melalui VAR untuk hasil imbang 2-2.

Karir internasional
Joselu mewakili Spanyol di level U-19, U-20, dan U-21. Namun tidak pernah menerima panggilan ke skuad senior hingga usianya hampir 33 tahun. Ia juga memperkuat Galicia pada tahun 2016. Pada 17 Maret 2023, Joselu menerima panggilan pertamanya ke tim nasional Spanyol. Untuk pertandingan kualifikasi UEFA Euro 2024 melawan Norwegia dan Skotlandia.

 

Baca berita lainnya : Bersinar Bareng Denmark  di Euro 2024, Morten Hjulmand Diminati MU

You May Also Like