JOHAN VONLANTHEN

2 min read

Johan Vonlanthen lahir 1 Februari 1986 adalah mantan pemain sepak bola profesional Swiss yang bermain sebagai pemain sayap.  Setelah melakukan debutnya di Liga Super Swiss BSC Young Boys. Pada usia 16 tahun, ia pindah ke PSV pada tahun 2003.

Dia awalnya mengumumkan akhir karir aktifnya pada Mei 2012. Dia kembali dari masa pensiunnya pada Mei 2013 dan menandatangani kontrak dengan Grasshoppers pada bulan Juni. Pensiun pada Agustus 2018 setelah dua tahun bersama FC Wil.

Johan Vonlanthen Sudah Miliki Karir Sejak Usia Muda

Vonlanthen bermain sebagai junior untuk BSC Young Boys di Swiss. Pada musim 2001-02, ia melakukan debutnya saat berusia 16 tahun di Liga Super Swiss sebagai starter dalam delapan pertandingan. Dan tampil sekali sebagai pemain pengganti. Pada musim panas 2003, ia dipindahkan ke klub Eredivisie Belanda PSV Eindhoven.

Pada tanggal 21 Juni 2004, Vonlanthen menjadi pencetak gol termuda. Saat ia mencetak gol untuk tim nasional Swiss melawan Perancis di Coimbra, Portugal pada usia 18 tahun 141 hari. Dia membuat kesan awal yang baik dan membantu PSV lolos ke Liga Champions UEFA.

Setelah musim pertama yang bagus, ia mulai kehilangan performanya. Dan sebagai konsekuensinya dipinjamkan ke klub Italia Brescia Calcio selama enam bulan terakhir musim 2004-05. Dia kembali dipinjamkan ke NAC Breda untuk musim 2005-06.

Vonlanthen di Salzburg Pada awal musim 2006-07, Vonlanthen dipindahkan ke Red Bull Salzburg di Bundesliga Austria. Pada 13 Juli 2009, FC Zürich menandatangani penyerang Swiss dengan kesepakatan pinjaman selama satu musim. Perpindahan tersebut tidak dibuat permanen, dan Vonlanthen kembali ke Salzburg untuk awal musim 2010-11.

Itagui Wohlen dan pensiun awal, Vonlanthen berpindah ke Primera División Kolombia sisi Itagüí pada bulan Agustus 2011. Pada tanggal 30 Mei 2012, Vonlanthen mengumumkan pengunduran dirinya pada usia 26 tahun. Menurutnya, dia ‘tidak bisa menghadapi kemungkinan menjalani operasi lutut.

Karir internasional

Ayah tiri Vonlanthen adalah warga negara Swiss, sehingga memberinya hak bermain untuk negara tersebut. Pada tanggal 6 Juni 2004, Vonlanthen melakukan debut seniornya untuk tim nasional Swiss melawan Liechtenstein.

Pada tanggal 21 Juni 2004, Vonlanthen menjadi pencetak gol termuda di Kejuaraan Eropa ketika ia menyamakan kedudukan melawan Perancis. Mengalahkan rekor Wayne Rooney – yang baru dibuat empat hari sebelumnya – dalam waktu tiga bulan.

 

Baca berita terkini hari ini :  Hidung Mbappe Patah Berusaha Mencari Topeng Untuk Menutupinya

You May Also Like