ARDA GULLER

2 min read

Arda Guller merupakan seorang pemain sepakbola termuda yang sudah menjadi pemain profesional. Lahir 25 Februari 2005 merupakan pemain sepakbola sebagai gelandang serang atau sayap untuk klub La Liga, Real Madrid, dan Tim Nasional Turki.

Memulai karier juniornya di klub yang berbasis di Ankara, Gençlerbirligi, pada 2014. Ia kemudian bergabung bersama tim junior Fenerbahce pada 2019. Menandatangani kontrak profesional berdurasi 2,5 tahun dengan Fenerbahçe pada 13 Januari 2021.

Arda Guller Sebagai Prospek Besar Untuk Masa Depan

Dianggap sebagai wonderkid dan dipandang sebagai prospek besar untuk masa depan. Karena miliki skil dan juga kemampuan bertahan yang kuat selama pertandingan 90 menit berlangsung. Ini yang membuat ia menjadi kebanggan banyak orang dan juga gol gol indah yang di ciptakannya.

Menjalani debut senior sebagai pemain cadangan melawan klub Finlandia HJK dalam pertandingan babak play-off Liga Eropa UEFA 2021–2022. Ia mulai mendapatkan lebih banyak menit bermain saat musim 2021–2022 bergulir. Pada Maret 2022, menjadi pencetak gol termuda Fenerbahce. Menorehkan tiga umpan matang hanya dalam waktu bermain 25 menit.

Setelah awal karier yang mengesankan, dilaporkan bahwa beberapa klub raksasa Eropa. Seperti  Arsenal, Liverpool, Bayern München, Borussia Dortmund, Barcelona, dan Paris Saint-Germain tertarik untuk merekrutnya.

Juli 2023, klub La Liga, Real Madrid, mengumumkan telah merekrut Güler dengan kontrak berdurasi enam tahun yang berakhir hingga Juni 2029. Kesepakatan tercapai melalui pengaktifan klausul rilis dengan pembayaran awal sebesar 20 juta Euro.

Meminta Real Madrid untuk membayar melebihi klausul rilisnya agar mendapat pemasukan bagi mantan klubnya. Setelah mengalami beberapa kali cedera pada akhir 2023. Guler menjalani debut untuk Real Madrid dalam pertandingan Piala Raja Spanyol melawan Arandina pada 6 Januari 2024.

Guler merupakan pemain muda internasional Turki yang bermain untuk Turki U-21. Melakoni debut bersama tim nasional Turki senior pada 19 November 2022. Dalam kemenangan pertandingan persahabatan 2–1 melawan Ceko. Ia mencetak gol internasional pertamanya saat melawan Wales di Kualifikasi Piala Eropa 2024 pada 19 Juni 2023.

Sebagai gelandang serang berkaki kidal yang juga dapat beroperasi di sayap kanan untuk memotong ke dalam. Dan menggunakan kakinya yang dominan untuk membuat peluang menembak dan menciptakan umpan-umpan kunci ke sepertiga akhir lapangan.

Berita olahraga terpanas hari ini : Timnas Indonesia U-20 Kalah 0-3 dari Ukraina U-23

You May Also Like