MOHAMED SALAH

2 min read

Mohamed Salah (lahir 15 Juni 1992, Basyoun, Mesir) adalah pemain sepak bola Mesir (asosiasi sepak bola). Dikenal karena mencetak gol yang produktif, yang membuatnya menjadi kontributor yang sangat berharga bagi Liga Utama Inggris dan tim nasional Mesir.

Salah dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Afrika Tahun 2017 dan Pemain Terbaik Liga Premier musim 2017-18. Mencetak 32 gol dalam satu musim sebagai penyerang untuk Liverpool FC. Salah adalah penerima Sepatu Emas tiga kali, penghargaan untuk pencetak gol terbanyak Liga Premier musim ini.

Mohamed Salah Pemain Terbaik Mesir

Saat masih muda, ia mengidolakan pemain sepak bola profesional seperti Ronaldo dari Brasil dan Zinedine Zidane dari Prancis. Dia bergabung dengan tim muda klub Mesir El Mokawloon pada usia 14 dan memulai debutnya dengan tim senior klub pada tahun 2010. Kecepatan dan kemampuan mencetak Salah segera menarik perhatian klub Swiss FC Basel.

membantu memimpin FC Basel meraih gelar Liga Super Swiss dan tampil di semifinal Liga Europa Persatuan Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) pada 2012–13. Musim itu ia menerima penghargaan Pemain Emas Swiss sebagai pemain luar biasa Liga Super.

Salah ditransfer ke Chelsea FC di Liga Premier pada Januari 2014. Dia menjadi starter hanya dalam enam pertandingan Liga Premier bersama klub tersebut. Dia menyelesaikan transfer permanen ke AS Roma sebelum musim 2016-17. Selama musim itu dia mencatatkan 19 gol dan 13 assist dan terpilih sebagai pemain terbaik AS Roma tahun ini.

Salah kembali ke Liga Premier pada Juli 2017 setelah menandatangani kontrak untuk bermain untuk Liverpool. Dia mencetak 32 gol yang menakjubkan dalam pertandingan Liga Premier pada 2017-18, mencetak rekor Liga Premier untuk gol terbanyak.

Dia menerima Sepatu Emas sebagai pencetak gol terbanyak Liga Premier. Dan musim itu dia juga memimpin Liverpool ke final Liga Champions UEFA, di mana tim kalah dari Real Madrid 3-1. Salah membantu Liverpool mengamankan gelar Liga Champions pada tahun 2019.

Selain sukses bersama klub profesional, Salah juga menjadi motor penggerak timnas Mesir. Ia memimpin tim ke final Piala Afrika 2017 di mana Mesir kalah dari Kamerun 2–1. Salah mencetak dua gol dalam tiga pertandingan Piala Dunia Mesir di Rusia. Salah dan Mesir kembali ke Piala Afrika pada tahun 2021. Di mana mereka finis di posisi kedua setelah kalah dari Senegal 4-2 di pertandingan terakhir turnamen.

Berita olahraga lainnya : Viral dan Jadi Sorotan, Gian Piero Gasperini Pakai Blue Jeans saat Antar Atalanta Juarai Liga Europa

You May Also Like