JONATHAN GRANT EVANS

2 min read

Jonathan Grant Evans lahir pada 3 Januari 1988 adalah pemain sepak bola profesional Irlandia Utara yang bermain sebagai bek tengah. Bermain untuk klub Liga Premier Manchester United dan tim nasional Irlandia Utara.

Evans memulai karirnya di Manchester United dan berkembang melalui akademi klub. Dia dipinjamkan ke Royal Antwerp dan Sunderland untuk mendapatkan pengalaman tim utama. Sebelum melakukan debut tim utama Manchester United di Piala Liga 2007-08.

Setelah West Brom terdegradasi tiga tahun kemudian, Evans menandatangani kontrak dengan Leicester City. Dan memenangkan Piala FA pada tahun 2021. Menyusul Leicester City terdegradasi pada tahun 2023. Evans dibebaskan dan kembali ke mantan klubnya Manchester United dengan kontrak satu tahun.

Jonathan Grant Evans Bukan Pemain Biasa

Evans adalah pemain dengan penghargaan terbanyak kedua dalam sejarah sepak bola Irlandia Utara. Ia telah memainkan lebih dari 100 pertandingan untuk tim nasional Irlandia Utara. Dan selalu hadir dalam perjalanan tim ke babak 16 besar UEFA Euro 2016.

Evans dibina saat bermain untuk Greenisland. Klub yang sama tempat adiknya Corry dan Craig Cathcart bermain sebelum pindah ke Manchester United. Tampil dalam dua dari tiga pertandingan klub selama tur musim panas 2006 di Afrika Selatan. Serta pertandingan persahabatan domestik melawan Celtic dan Preston North End. Dan di Turnamen Amsterdam melawan Ajax.

Evans akhirnya bergabung kembali dengan Sunderland untuk masa pinjaman kedua pada 4 Januari 2008. Dan segera dimasukkan ke dalam skuad tim utama dalam kekalahan 3-0 dari Wigan Athletic di Piala FA.

Evans melakukan debutnya di Manchester United pada 26 September 2007. Melawan Coventry City di Piala Liga yang berakhir dengan kekalahan 2-0. Dia kemudian memulai Liga Champions pertamanya pada 12 Desember 2007 melawan Roma.

Pada tanggal 28 Mei 2016, Evans dimasukkan oleh manajer tim nasional Michael O’Neill. Dalam skuad 23 orang terakhir Irlandia Utara untuk UEFA Euro 2016. Tim akhirnya mencapai babak 16 besar, tersingkir oleh Wales setelah kekalahan. Evans berpartisipasi dalam keempat pertandingan Irlandia Utara di turnamen tersebut.

Gol internasional keduanya terjadi delapan setengah tahun setelah gol pertamanya pada 4 September 2017. Mereka menderita kekalahan 1-0 di leg pertama dengan pemenangnya berasal dari penalti kontroversial yang diberikan oleh wasit Rumania Ovidiu Hategan.

Evans hampir mencetak gol kemenangan di masa tambahan waktu leg kedua yang seharusnya menyamakan skor agregat. Sundulannya mengalahkan kiper Swiss Yann Sommer namun berhasil dihalau oleh bek Ricardo Rodriguez, yang berhasil mengonversi penalti di leg pertama.

Baca Berita lainnya : Mengenal Turnamen Tenis Roland Garros

You May Also Like