IVAN PROVEDEL

2 min read

Ivan Provedel pemuda yang lahir pada 17 Maret 1994 adalah pemain sepak bola profesional Italia. Bermain sebagai penjaga gawang untuk klub Serie A Lazio. Menjadi pemain penjaga gawang, peran nya sangat lah penting dalam meminimalis kekalahn atau kebobolan gol saat bertanding. Bakat nya yang bermula hanya sebagai menjadi pemain bola, kini harus menjadi penjaga gawang. Sebab skill nya lebih kepada menjaga gawang sendiri daripada menjadi pemain seperti teman lainnya.

Menjadi pemain muda profesional tidak lah mudah baginya, harus melalui beberapa proses untuk menjadi pemain yang handal di lapangan. Ia harus melakukan debut untuk bisa lanjutkan karir nya seperti sekarang ini yang orang lain juga harus bisa seperti dirinya. Debut profesional pertama kali ia lakukan pada tahun 2013. Pada saat itu masih perdana sekali dengan klub ia tempat bergabung untuk memulai karir nya.

Ivan Provedel Kipar Andalan Berkat Latihan

Lahir di Pordenone, Provedel memulai karir mudanya bersama Udinese pada tahun 2011 sebelum pindah ke Chievo pada tahun 2012. Dan melakukan debut profesionalnya pada tahun 2013. Pada musim panas 2017, Provedel menyelesaikan transfer ke Empoli seharga 1,2 juta Euro. Dia bermain dengan status pinjaman untuk Pisa di Lega Pro Prima Divisione. Musim berikutnya, dia bermain dengan status pinjaman untuk Perugia di Serie B. Dia melakukan debutnya di Serie B pada tanggal 29 Agustus 2014 melawan Bologna dalam kemenangan kandang 2-1.

Bergabung dengan Juve Stabia secara pinjaman pada 22 Januari 2020. Pada 7 Februari 2020, ia mencetak gol penyeimbang di menit-menit akhir saat bermain imbang 2-2 dengan Ascoli. Pada 5 Oktober 2020, Provedel menandatangani kontrak dua tahun dengan Spezia. Lalu pada 8 Agustus 2022, Provedel pindah ke Lazio. Pada 19 September 2023, Provedel mencetak gol sundulan untuk Lazio dalam pertandingan penyisihan grup pertama  di Liga Champions UEFA 2023.

Gol penyeimbang di menit terkahir bermain imbang 1-1 di kandang melawan Atletico Madrid. Gol kedua dalam karirnya dan gol permainan terbuka kedua yang dicetak oleh penjaga gawang di Liga Champions UEFA. Setelah gol Sinan Bolat untuk Standard Liege pada tahun 2009 melawan AZ Alkmaar. Provedel menerima panggilan tim nasional sepak bola Italia pertamanya pada tanggal 17 September 2022. Manajer Roberto Mancini menunjuknya untuk menjadi bagian dari skuad untuk pertandingan UEFA Nations League melawan Inggris dan Hongaria.

Anak bungsu dari enam bersaudara, Provedel lahir di Pordenone dari ayah Italia dan ibu Rusia. Pada tahun 2016, ayahnya Venanzio, seorang pengusaha sektor furnitur, meninggal dunia pada usia 82 tahun. Dari sini dia mencoba untuk bangkit dan membukti kan kepada ayah nya bahwa ia bisa menjadi pemain terbaik di Italia.

 

Berita terlengkap hari ini baca juga : Modric Sedih Kroos Pensiun

You May Also Like