ASNAWI MANGKUALAM BAHAR

2 min read

Asnawi Mangkualam Bahar seorang pemain sepakbola profesional dari Indonesia. Pesepakbola profesional Indonesia yang bermain untuk klub Liga 1 Thailand Port dan kapten tim nasional Indonesia. Lahir pada 4 Oktober 1999 miliki posisi sebagai bek kanan. Ia juga bisa bermain di posisi bek sayap dan gelandang bertahan.

Pemain sepakbola satu menjadi pemain andalan timnas Indonesia. Karena menjadi pemain yang memiliki skil luar biasa dan di percaya untuk menjadi kapten. Permainan nya yang juga bagus membuat nya cepat naik karir dalam sepakbola.

Asnawi Mangkualam Bahar Ini Karirnya

Di musim kedua, ia bergabung dengan Persiba Balikpapan. Memecahkan rekor pemain termuda yang mencetak gol di Kejuaraan Sepak Bola Indonesia A. Saat berumur 17 tahun 5 hari melawan Bali United F.C. di Stadion I Wayan Dipta.

Pada tahun 2017, Asnawi bergabung dengan PSM Makassa. Di mana ia melakukan debutnya saat melawan Persela Lamongan pada Piala Presiden 2017. Meskipun umurnya masih muda, Asnawi mampu dengan cepat menjadi salah satu pemain yang paling menjanjikan dan bertalenta.

Pada Januari 2021, Asnawi bergabung dengan Ansan Greeners. Tim asal Korea Selatan, yang bermain di kasta ke-2 struktur liga Korea, K League 2. Asnawi mendapat rekomendasi dari pelatih kepala tim nasional, Shin Tae-yong. Sebelum debutnya bersama “Green Wolves”, julukan Ansan Greeners, kepindahannya ke klub Korea Selatan tercatat sebagai sejarah baru.

Faktanya, pada tahun 2020 K League mengumumkan, pesepak bola asal ASEAN memiliki kuotanya sendiri. Ansan Greeners adalah klub pertama yang memanfaatkan peraturan tersebut. Asnawi adalah pesepak bola asal Indonesia pertama yang bermain di Korea Selatan.

Asnawi melakukan debut internasionalnya untuk tim senior pada 21 Maret 2017, melawan Myanmar. Ia memecahkan rekor pemain termuda 17 tahun dan 167 hari bermain untuk Indonesia.

Pada November 2021, Shin Tae-yong selaku pelatih kepala Indonesia memanggil Asnawi untuk bergabung dalam pertandingan melawan Turki. Afghanistan dan Myanmar. Pada Desember 2021, namanya tercatat dalam skuat untuk menjalani Kejuaraan AFF 2020 di Singapura. Pada 12 Desember 2021, Asnawi mencetak gol pertamanya. Dalam petandingan internasional dari titik penalti melawan Laos dan juga memberikan assist kepada Irfan Jaya untuk gol Irfan yang ke-2.

Pada pertandingan persahabatan melawan Argentina pada 19 Juni 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Asnawi bermain militan dan sering melakukan tekel bersih. Salah satu pemain terkenal yang dijegal adalah pemain sayap Argentina Alejandro Garnacho.

 

Info berita terkini hari ini : Arsenal Incar Striker Baru, Rumor Lautaro Martinez Diragukan

You May Also Like